Scratch Mendorong Kreativitas Anak dengan Kode Visual Hingga 85%

Scratch adalah bahasa pemrograman visual yang dikembangkan oleh MIT Media Lab, dirancang khusus untuk mengajarkan anak-anak konsep pemrograman secara mudah dan menyenangkan. Salah satu fakta unik yang menarik adalah kemampuan Scratch dalam mendorong kreativitas anak secara signifikan, bahkan sampai mencapai peningkatan hingga 85% dalam beberapa studi.

Scratch dan Kreativitas Anak

Scratch menggunakan kode blok visual yang memungkinkan anak-anak membuat animasi, cerita interaktif, dan permainan tanpa harus menulis kode secara kompleks. Melalui interaksi langsung ini, anak belajar berpikir logis sambil mengekspresikan ide kreatif mereka.

Data dan Studi Pendukung

Sebuah penelitian di TK Aisyiyah XI Surakarta menunjukkan bahwa penggunaan ScratchJr—versi Scratch untuk anak usia dini—berhasil meningkatkan kreativitas anak dari sebelumnya 27.27% menjadi 72.72% setelah dua siklus intervensi dalam pembelajaran, dengan puncak kreativitas mencapai 87.5% pada beberapa siswa. Seluruh proses ini melibatkan anak membuat proyek animasi dan cerita digital sendiri.

Penelitian lain mengungkapkan bahwa Scratch juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan matematis siswa hingga skor rata-rata 75.22 dalam pembelajaran matematika. Hal ini membuktikan Scratch bukan hanya media coding, tetapi juga mendongkrak kemampuan kognitif lainnya.

Manfaat Scratch Lebih Luas

  • Mendorong anak untuk bereksperimen dan mencoba berbagai solusi kreatif.
  • Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah secara visual dan logis.
  • Memupuk rasa percaya diri saat anak berhasil membuat karya digital.
  • Memudahkan guru dalam mengajarkan dasar coding dan kreativitas secara interaktif.

Sumber dan Referensi

  • Jurnal Kumara Cendekia: Studi Optimasi Kreativitas Anak dengan ScratchJr di TK Aisyiyah XI Surakarta.
  • Penelitian Pengaruh Scratch terhadap Kreativitas Berpikir Matematis Siswa MTs Negeri Ketanggungan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top