Roblox Digunakan di Universitas untuk Ajarkan Game Design

Platform game online Roblox kini tidak hanya dikenal sebagai tempat bermain bagi jutaan pengguna, tetapi juga mulai diakui sebagai alat pendidikan oleh lembaga-lembaga pendidikan tinggi. Beberapa universitas ternama di dunia seperti University of Southern California (USC) dan New York University (NYU) kini menggunakan Roblox Studio dalam kurikulum mereka untuk mengajarkan desain game dan pemrograman dasar.

Mengapa Roblox?

Roblox Studio adalah platform pembuatan game yang user-friendly dan berbasis bahasa pemrograman Lua. Alat ini memungkinkan siapa pun, dari pemula hingga pengembang profesional, untuk menciptakan dunia virtual dan gameplay interaktif dengan mudah. Kemudahan ini membuat Roblox cocok digunakan sebagai media pembelajaran, terutama bagi mahasiswa yang baru mengenal dunia pengembangan game.

Dengan menggunakan Roblox, mahasiswa dapat belajar berbagai aspek penting dalam game development, seperti perancangan level, desain karakter, interaktivitas, logika permainan, hingga monetisasi. Mereka juga bisa langsung menerbitkan game ciptaannya ke platform Roblox dan mengujinya secara langsung bersama pengguna lain dari seluruh dunia.

Dari Kampus ke Komunitas Global

Universitas seperti USC dan NYU melihat Roblox sebagai jembatan yang efektif antara teori dan praktik. Dalam kelas-kelas yang mereka selenggarakan, mahasiswa diminta membuat proyek game nyata menggunakan Roblox Studio sebagai bagian dari penilaian. Selain melatih kemampuan teknis, proyek ini juga mendorong mahasiswa untuk berpikir kreatif dan kolaboratif.

Lebih hebatnya lagi, game hasil karya mahasiswa dapat langsung diakses oleh jutaan pemain Roblox di seluruh dunia, memberi mereka pengalaman nyata menghadapi respons pengguna—sesuatu yang biasanya baru dapat dialami setelah lulus kuliah.

Membuka Peluang Karier Sejak Dini

Roblox juga membuka jalan bagi mahasiswa untuk mulai membangun portofolio profesional sejak dini. Sebagian dari mereka bahkan berhasil menghasilkan uang dari pengembangan game di Roblox melalui sistem monetisasi yang tersedia di platform tersebut. Ini menjadi nilai tambah besar dalam dunia pendidikan, terutama bagi mahasiswa yang ingin mengejar karier di bidang teknologi, desain game, atau industri kreatif digital.

Kesimpulan

Penggunaan Roblox di lingkungan kampus menunjukkan bahwa dunia pendidikan semakin terbuka terhadap teknologi baru yang inovatif. Dengan menggabungkan pembelajaran interaktifpraktik langsung, dan akses global, Roblox menjadi alat pengajaran yang tak hanya relevan, tetapi juga menyenangkan.

Sumber:

USC Games Program

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top